SUKSES PASARKAN HYDRO DI BANDUNG
Kurang baiknya kualitas air konsumsi di komplek perumahan tempatnya tinggal, dijadikan sebagai peluang bisnis potensial oleh Ahmad Rauf dan istrinya Haerawati di Bandung. Ia lalu memasarkan produk filter air merek HYDRO dengan menjadi agen PT. HYDRO water technology. Langganannya kini, tidak hanya skala rumah tangga, tapi sudah mulai masuk kalangan industry
Salah satu layanan yang membuat HYDRO disukai oleh masyarakat, menurut Rauf adalah layanan garansi yang diberikan. Seperti garansi mesin selama 1 tahun dan garansi kualitas air (air menjadi sehat, bebas bau, warna, rasa, kaporit, kapur, dan keruh). Penggantian spare part, dan jasa konsultasi mengenai masalah air. Bahkan pihak HYDRO berani memberikan garansi 100% uang kembali apabila dalam 100 hari konsumen tidak memperoleh mamfaat dari filter air HYDRO. ”Sebelum memakai filter, konsumen juga di cek keadaan airnya,” ucap Rauf. Dengan begitu, akan diketahui komposisi bahan filter yang digunakan.
Sudah puluhan filter air HYDRO yang sudah berhasil dijual, sejak Rauf menjadi agen HYDRO di bulan Agustus 2012. Terbanyak selama ini penjualan untuk skala rumah. Yaitu HYDRO tipe H-2000 dengan harga jual Rp 5,5 juta-an dan HYDRO tipe H-4000 dengan harga jual Rp 7,4 juta-an. Setiap bulan jumlah permintaan mengalami kenaikan. Iapun optimis produk filter air yang dijualnya akan lebih banyak lagi diminati masyarakat. Seiring dengan meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat, kebutuhan akan kualitas air bersih lebih diperhatikan.
TERBUKTI KUALITAS
Awal perkenalan Rauf dengan HYDRO, dimulai ketika ia mulai merasakan ketidaknyamanannya mengkonsumsi air artesis yang disediakan oleh developer komplek perumahan tempat ia tinggal. Meski dikelola oleh pemerintah setempat, ia ragu dengan kualitas airnya. Tahun 2007, Rauf mencoba membuat sumur bor di dekat rumahnya. “Air sumur bor kami hanya jernih pada 5 menit pertama, setelah itu menjadikuning dan agak bau. Akhirnya saya gunakan hnya untuk menyiram tanaman,” jelas Rauf.
Tahun 2010, ia sempat membeli satu unit filter air yang katanya bagus untuk menjernihkan air. Namun sampai saat ini, belum terpasang lantaran harus dipasang berdekatan dengan tempat penampungan air yang letaknya tinggi dan sempit. Sekitar bulan Februari 2012 saat sedang ke Jakarta ia membaca iklan HYDRO di sebuah harian nasional. Meski tertarik, ia belum berminat membeli HYDRO, karena menurutnya pada waktu itu, semua filter air sama saja. Bulan Agustus 2012, setelah tahu ada garansi uang kembali bila air hasil saringan tetap berbau dan berwarna kuning, ia mengundang PT. HYDRO water technology untuk memasang filter air HYDRO di rumahnya.
“Setelah saya melihat hasil air dari filter HYDRO terbukti kualitas, saya langsung mengajukan diri sebagai agen untuk wilayah Bandung dan sekitarnya,” terang Rauf. Dengan investasi Rp 30 juta, dalam tempo sebulan setelah pengajuan, ia menjadi agen HYDRO untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Usahanya ini menempati showroom seluas 9 m2 dan gudang seluas 18 m2. Untuk aktifitas penjualan, Rauf dibantu oleh 2 orang karyawan.
DIBANTU PROMOSI
Dalam memasarkan produk HYDRO, Rauf merasa terbantu dengan dukungan dari pihak PT. HYDRO water technology. Bantuan yang diberikan berupa pelatihan teknis, alat peraga dan alat pengujian kualitas air. Usaha Rauf juga ikut dipromosikan lewat website www.HYDRO.co.id . tidak ketinggalan brosur dan pamphlet ikut dibantu pembuatannya. Belum lagi dukungan promosi lewat media cetak.
Untuk skala rumahan, HYDRO dijual dalam beberapa tipe. Diantaranya HYDRO 2000, HYDRO protable jumbo dengan tinggi 70 cm dan diameter 20 cm, HYDRO 4000 tinggi 145 cm dan diameter 25 cm, dan HYDRO 6000 dengan tinggi sekitar 150 cm dan diameter 30 cm. selain dijual untuk skala rumahan, Rauf ingin lebih banyak mengembangkan untuk kalangan industry. Hanya saja memang, untuk industry HYDRO tidak dibuat ready stock. Ini karena besaran alat dan filter, disesuaikan dengan kebutuhan si industry tersebut.
Meski di Bandung saat sudah ada competitor lain yang menjual filter air, Rauf optimis bisa bersaing dengan mereka. Apalagi bila konsumen bisa melihat hasil kualitas air yang disaring melalui HYDRO disbanding produk lain sejenis. “Jika sudah menggunakan HYDRO, pasti tidak akan pindah ke yang lain,” ucap Rauf tersenyum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar